News Release

Dukung UMKM, Bank Mandiri Adakan Pelatihan Seribu Debitur

Jakarta, 25 Februari 2008; Sulitnya mendapatkan modal, sering menjadi kendala bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang. Bank Mandiri yang memandang bahwa keberadaan UMKM sangat penting bagi perekonomian dalam negeri, bertekad untuk mendukung pemberdayaan usaha mikro.

Sampai dengan triwulan III tahun 2007, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit usaha mikro sebesar Rp 2,2 Triliun atau meningkat sebesar 14,2% dari posisi triwulan III 2006 sebesar Rp 1,9 Triliun. Penyaluran kredit tersebut meliputi lebih dari 110.000 usaha mikro yang tersebar di Indonesia.

Program ini telah terlaksana dengan baik, terbukti sejak diluncurkannya pada awal tahun 2004 sampai dengan tahun 2007 rata-rata kumulatif pertumbuhan penyaluran kredit usaha mikro dalam tiap tahunnya (CAGR) mencapai sebesar 43%.

”Dukungan Bank Mandiri kepada UMKM tersebut tidak hanya diwujudkan dalam bentuk penyediaan dana (permodalan) dan jasa keuangan yang terintegrasi, tetapi juga pembinaan untuk peningkatan kualitas SDM dan kelembagaan usaha mikro.” ujar Sukoriyanto Saputro, Senior Vice President Micro Business Group Bank Mandiri.

Untuk itu Bank Mandiri menyelenggarakan Program Edukasi berbentuk pelatihan dan sesi khusus berbagi pengalaman antar peserta selama dua hari, dengan menghadirkan dua debitur sukses Bank Mandiri dari tiap wilayah. Selain di Jakarta, akan ada sembilan kota besar lainnya di Indonesia yang turut menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Pemberdayaan Potensi dan Wawasan Kewirausahaan Debitur Mikro”. Dari seluruh kota tersebut, ditargetkan lebih dari 1.000 usaha mikro debitur Bank Mandiri di seluruh Indonesia akan berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Sejumlah materi telah dipersiapkan meliputi Karakteristik Kewirausahaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Menyusun Laporan Keuangan Sederhana, serta Pengembangan Potensi Usaha Mikro dan Jejaring.

“Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola usaha, diharapkan dapat memacu usaha mikro untuk terus berkreativitas dan berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya” jelas Sukoriyanto Saputro.

Kegiatan yang melibatkan wirausahawan maupun calon wirausahawan seperti ini, bukan hal baru bagi Bank Mandiri. Sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), Bank Mandiri telah meluncurkan program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan pencanangan tahun WMM 2008 yang memfasilitasi generasi muda khususnya mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaan.

Salah satunya adalah Program kewirausahaan yang baru saja berlangsung di Yogyakarta, tanggal 21 Februari 2008. Acara tersebut berhasil menarik minat 250 orang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dan 50 siswa SMK di Yogyakarta. Dengan program edukasi tersebut para mahasiswa diajak untuk mengenali dan merealisasikan peluang bisnis.

Dengan program pembinaan usaha, diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas SDM, membuka akses pemasaran dan mengatasi kendala-kendala lain yang dihadapi oleh para wirausahawan maupun calon wirausahawan. Pada akhirnya program ini akan dapat membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran yang saat ini telah mencapai 10 juta pengangguran dari 110 juta penduduk usia produktif.

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.

Bank Mandiri saat ini mempekerjakan 21.557 karyawan dengan 956 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan sekitar 3.100 ATM, disamping 6.500 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 10.500 jaringan ATM Bersama, serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Untuk keterangan lebih lanjut:
Mansyur S. Nasution
Group Head Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Plaza Mandiri Lt. 2
Jl. Gatot Subroto Kav. 36 – 38
Jakarta - 12190
Telp. 021-5245299; Fax. 021-5268246
Mansyur.Nasution@bankmandiri.co.id